Berani Bermimpi Besar

Mimpi adalah kunci 
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya
Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warna bintang di jiwa

Tentu Anda tahu penggalan lagu Nidji yang menjadi sound track film Laskar Pelangi tersebut. Bagi saya, film dan lagu tersebut sangat menginspirasi. Mengajak kita untuk berani bermimpi, berani punya cita-cita yang tinggi, tanpa dibatasi apapun !

Namun, ternyata tidak semua orang berani bermimpi, padahal bermimpi itu gratis ! Dalam salah satu sesi training,  saya minta peserta menuliskan apa keinginannya jika sudah dewasa. Ternyata mereka butuh waktu lama untuk menulis impiannya, ada keraguan di wajah mereka. Akhirnya mereka menulis hal-hal yang umum dan kurang tajam. “Ingin masuk surga” , “Ingin membahagiakan orang tua”, “Ingin menjadi pengusaha”, “ingin kaya”, dsb. Memang tidak salah, hanya terlalu standar !

Lalu seperti apa mimpi yang besar itu ?

1. Mimpi harus spesifik, jelas dan terukur. Kalau menjadi orang kaya, sekaya apa ? Tetapkan ukurannya, apakah zakatnya 10 juta tiap bulan ? 100 juta tiap bulan ? Kalau menjadi pengusaha, pengusaha kelas apa ? Pengusaha kecil, menengah, atau pengusaha besar dengan ribuan karyawan dan pasar Internasional ?

2. Impian berkaitan kuat dengan emosi diri, atau sering disebut “Dendam Positif”. Mungkin karena saat kecil kita sering sakit, maka bermimpi punya rumah sakit. Mungkin karena saat kecil jarang makan enak, maka bermimpi punya rumah makan yang besar dan ramai pengunjung.

3. Berdampak positif bagi banyak orang. Semakin banyak orang yang akan mendapat dampak positif, maka akan semakin kuat pendorong untuk mewujudkan mimpi kita.

4. Bebaskan jangan batasi. Lupakan kondisi(ekonomi, lingkungan, pendidikan,dll.) saat ini, jangan sampai kondisi saat ini menjadi penghalang untuk berani bermimpi. Tidak ada yang salah jika anak seorang nelayan punya mimpi menjadi menteri.

Yess ! jika sudah berani bermimpi besar, maka selanjutnya kenalilah potensi yang ada dan mulai susun langkah untuk fokus mengejar mimpi itu !

Fokus Satu Hebat !

@STIFInMalang

Leave a comment